Peluang Industri E-Commerce Mapel di Indonesia pada tahun 2020

By Admin 22 Feb 2020, 18:24:05 WIB Ekonomi

Mapel -- Mengutip data dari GlobalWebIndex, Indonesia merupakan negara dengan tingkat adopsi e-commerce tertinggi di dunia pada 2019. Sebanyak 90 persen dari pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun di Indonesia pernah melakukan pembelian produk dan jasa secara online.

Tidak hanya dari sisi perubahan gaya hidup konsumen, industri e-commerce juga membuka lebih banyak peluang bisnis baru, serta menghasilkan dampak beruntun (trickle-effect) bagi industri di sektor pendukung, seperti logistik, infrastruktur IT, dan operator e-commerce.

Namun demikian, meski berada dalam situasi bisnis yang semakin kompetitif, banyak potensi di industri e-commerce Indonesia belum tergali, terutama di berbagai kota di luar Pulau Jawa.


Memasuki 2020, SIRCLO, perusahaan penyedia layanan solusi e-commerce (e-commerce enabler) memaparkan beberapa tren dan peluang yang akan dihadapi oleh pelaku bisnis dalam era digital ini.

"Berdasarkan hasil penelitian internal dan insight yang kami dapatkan dari klien brand kami, terdapat tiga tren industri e-commerce yang perlu diantisipasi oleh brand dan pemilik usaha di tahun ini," ungkap Brian Marshal, CEO dan Founder dari SIRCLO melalui keterangan tertulis, Rabu (5/2).

Data internal SIRCLO yang diperoleh dari kampanye Hari belanja online nasional (Harbolnas) 12.12 lalu menunjukkan peningkatan transaksi e-commerce yang signifikan dari wilayah-wilayah di luar Pulau Jawa, seperti Bengkulu, Nusa Tenggara Barat, dan Papua.

Potensi itu diprediksi akan terus meningkat di tahun 2020.

"Jadi penting bagi brand untuk mulai meningkatkan fokus dan aktivitas ke luar Pulau Jawa," kata Brian.

Kedua, pertumbuhan industri e-commerce Indonesia didominasi oleh penjualan ritel yang terdiri dari beberapa kategori, seperti fesyen, consumer goods, maupun produk-produk kecantikan dan kesehatan.

Pertumbuhan pesat ini banyak difasilitasi oleh kehadiran marketplace. Dengan kemudahan dalam membuka lapak atau toko online, kini pelaku bisnis dapat menawarkan jasa atau produk secara digital dengan jangkauan konsumen yang lebih luas.

"Selain itu, munculnya banyak brand baru di beberapa tahun terakhir juga akan mempengaruhi pertumbuhan jumlah reseller dan distributor dari brand-brand tersebut," kata Brian

Mapel.co.id, salah satu E-commerce di Indonesia merupakan salah satu Market Place yang terus berinovasi untuk meningkatkan transaksi yang ada di Indonesia di tahun 2020. Akan launching pada Kwartal Pertama 2020, Mapel berusaha terus berinovasi dan menciptakan market Place Terlengkap, Market Place terpercaya dengan slogan "Belanja Senang Harga Senang". slogan ini mengajak masyarakat Indonesia untuk menciptakan suasana senang dalam berbelanja online, imbuh Tommi Poltak  Mario, salah satu pendiri Market Place Diindonesia.

Salah satu kenapa Mapel dikatakan salah satu Market Place Terlengkap dan terpercaya, adalah dikarenakan Mapel untuk menciptakan belanja Grosir, sehingga Pusat grosir Tanah abang, Pusat grosir Cililitan, Pusat Grosir Mangga Dua telah bersinergi dengan para pelaku pemain Grosir besar di Indonesia.

Masih banyak lagi yang ada di Market Place Mapel. Kami mengajak untuk kita dapat bersinergi. Tunggu Tanggal launchingnya, kami akan berikan kepada kita semua. Mapel "Belanja Senang Harga Senang"


.




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment